Saturday, December 21, 2013

Macam-macam Lulur Tradisional untuk Manjakan Kulit


Salah satu perawatan tradisional Indonesia adalah luluran yang sekarang ini sudah cukup modern dengan adanya lulur atau body scrub, salah satu nya produk lulur Bali Ratih Body Scrub yang terbuat dari bahan-bahan alami pilihan. Perawatan ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit menjadi bersih, sehat dan halus. Perawatan tradisional ini diantaranya :

1. Lulur Kuning Jawa
Kandungan : pandan wangi, sari tepung beras, kunyit, dan temu giring yang berkhasiat untuk mendinginkan kulit sehingga kulit terlihat kuning langsat, bersih, sehat dan halus.
Cara penggunaan produk : oleskan minyak cendana pada bagian tubuh yang akan dilulur, kemudian gosok dengan campuran 100gr bubuk lulur dan75ml air mawar secara memutar, tekan dan dorong agar sel-sel kulit mati terangkat secara maksimal.

2. Lulur Bengkoang
Kandungan : ekstrak buah bengkong yang menjadikan kulit kusam cerah alami dan segar karena memiliki komposisi mineral bengkoang sebagai zat pembersih sempurna. Lulur bengkoang selain berfungsi mengangkat sel kulit mati juga dapat menutrisi kulit, menghilangkan bau badan, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah, mencerahkan warna kulit dan melembabkannya.

3. Lulur Boreh Bali 
Kandungan : rempah-rempah alami seperti kunyit, cengkeh, pala, lengkuas, jahe dan kayu manis.
Lulur boreh bali dapat mengeluarkan racun atau detoksifikasi tubuh, menghangatkan tubuh dan membuat otot-otot relaks. Perawatan dengan menggunakan lulur ini diawali dengan pemijatan agar peredaran darah, saluran getah bening lancar. Setelah pemijatan oleskan lulur boreh bali yang sudah dicampur dengan sari air mawar. Perawatan ini dapat dilakukan juga pada saat terkena gejala flu dan pegal-pegal.

4. Balinese "murut" body scrub
Kandungan : coconut oil, kemiri, jahe dan kunyit. Campurannya dapat mengangkat kotoran kulit, membersihkan kulit dari bakteri dan memiliki unsur stimulan alami dengan bahan penghangat tubuh sehingga proses pengangkatan kotoran menjadi cepat dan kulit menjadi lembab alami.
Penggunaan : oleskan campuran 100gr bubuk murut dengan air mawar lalu gosok dengan gerakan mengusap hingga kotoran berjatuhan agar sel-sel kulit mati terangkat.

5. Lulur cokelat
Lemak coklat atau cocoa butter sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran dan debu. Selain membersihkan dan menghaluskan juga mengharumkan badan, menutrisi kulit, memperbaiki sirkulasi oksigen dan peredaran darah tepi. Coklat juga kaya akan antioksidan sehingga menjaga kelembaban kulit, sangat cocok untuk kulit kering akibat AC.

6. Lulur tea scrub
Kandungan : teh berkualitas (teh hijau atau teh hitam) dan beras putih. Campuran ini dapat mengangkat sel kulit mati, kotoran dan debu. Selain menutrisi kulit juga mencegah kulit keriput, mencegah jerawat dan menghilangkan selulit. Kadar antioksidan yang tinggi dapat menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam secara alami bahkan mencegah kanker kulit.

7. Lulur Kopi
Kandungan : kopi bali asli, beras merah dan beras putih.
Kegunaan : mengangkat sel kulit mati, kotoran, debu dan dapat menghilangkan rasa lelah serta meratakan tampilan selulit pada permukaan tubuh karena memperbaiki sirkulasi oksigen dan peredaran darah.

8. Lulur Garam Laut
Kandungan : 100 gr garam laut, 30 ml minyak kedelai dan 6 tetes aromaterapi.
Kegunaan : antiseptik dan kandungan mineralnya dapat menghilangkan bau badan dan gatal-gatal.
Penggunaan : Oleskan ke seluruh tubuh lalu gosok dengan memutar secara perlahan.

9. Lulur Strawberry
Kandungan : ekstrak strawberry yang terdiri dari asam salisat, silika, serta vitamin B, C, E, dan K.
Kegunaan : sebagai bahan eksfoliasi yang menjadikan kulit tetap lembut, lembab, serta kencang.
Jika ingin membuat sendiri bisa dengan menumbuk beberapa buah strawberry lalu tambahkan susu segar secukupnya agar kulit menjadi lembab dan kenyal.

10. Lulur Pepaya
Kandungan : vitamin A, E, F, dan H.
Kegunaan : dengan kandungan enzim yang tinggi pada daun dan buahnya bisa menghaluskan hingga melunakan daging, selain itu dapat menutrisi dan mempertahankan elastisitas kulit.
Penggunaan : Oleskan campuran 100ml pepaya yang sudah dihaluskan dengan 20 butir kemiri yang sudah dihaluskan. Lalu gosok merata  ke seluruh tubuh.

Ditulis Oleh : Unknown // 10:58 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment